Kamis, 18 November 2010

tugas jejaringan sosial ( softskill)

Sebutkan 5 macam jejaringan sosial ?

1.Yahoo! Messenger (sering disingkat "Y!M" atau "YM") merupakan program pengirim pesan instan populer yang disediakan oleh Yahoo!. Yahoo! Messenger tersedia secara gratis dan dapat diunduh serta diakses menggunakan Yahoo! ID yang biasa digunakan untuk mengakses layanan Yahoo! yang lainnya, seperti Yahoo! Mail. Penggunaan ID ini juga mengakibatkan pengguna dapat langsung diberitahu bila mendapat sebuah e-mail.er

2.Yahoo! Koprol ™ adalah layanan baru dari Yahoo Koprol. Sebelumnya Yahoo mengakuisisi jejaring sosial koprol.com yang asli lokal Indonesia punya 25/5. Dalam akuisisi ini, Yahoo melakukan total buy out sehingga seluruh aset teknologi serta 11 orang karyawan Koprol, termasuk para pendirinya akan menjadi karyawan Yaho5.Yahoo Koprol

3.Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jaringan sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut tweets. Tweets adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Tweets bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat tweets penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut.

4.Friendster ialah situs yang didirikan di Mountain View, California, United States oleh Jonathan Abrams, pada Maret 2002. Abrams sekaligus menjadi pemilik tunggalnya. Friendster berbasis pada lingkaran pertemanan di dunia maya, biasa disebut dengan jaringan sosial. Friendster menghubungkan sejumlah individu dalam satu komunitas virtual, dan kemudian menjadi sebuah fenomena sebagai dunia kecil. Kini penggunanya ada sekitar 50 juta orang. Tahun 2006, Friendster mendapatkan hak paten atas metode dan cara mengelola jaringan sosial tersebut. Ini merupakan perpaduan antara jaringan pertemanan dengan Jejaring Kontak, sebuah sistem yang mengumpulkan data banyak sekali individu, yang kemudian saling menjalin komunikasi.

5.Facebook ialah sarana sosial yang menghubungkan orang-orang dengan teman dan rekan mereka lainnya yang bekerja, belajar, dan hidup di sekitar mereka.




Dampak Positif dan Negatif Jejaringan Sosial
Dampak Positif Internet :
1. Media pertukaran data dengan cepat
Internet dapat digunakan untuk media pertukaran , baik itu menerima ataupun mengirim data semisal e-mail,newsgroup,.

2. Hiburan
Iinternetpun dapat menjadi sarana yang baik untuk digunakan sebagai hiburan, di internet banyak sekali fasilitas yang dapat diguankan untun sekedar menghibur diri, semisal mendengatkan musik , main game dsb.

3. Melakuakn EFISIENSI BIAYA
Sudah tidak dapat dipungkiri bahwa internet dapt digunakan untuk melakukan efisiensi biaya, bayangkan saja dengan internet kita bisa berkomunikasi dengan rekan, keluarga dsb, dengan biaya yang murah, selain itu sekarang ini banyak sekali bisnisman yang memanfaatkan internet untuk mempromosikan produknya melalui web-web yang mereka bangun dengan biaya yang murah.

4. internet sebagai media untuk Pendidikan
internet dewasa ini telah digunakan sebagai median dalam tranformasi ilmu, sekarang banyak sekali lembaga penndidikan yang memanfaatkan internet sebagai media membelajaran melalui e-learning dsb.

DampakNegatif Internet :
  1. Cybersexual addiction
  2. Adalah obsesi untuk melihat, mendownload dan memperdagangkan pornografi. Chat rooms yang berisi fantasi dan role playing untuk dewasa juga termasuk dalam kategori ini.
  3. Cyber-relational addiction
  4. Adalah keterlibatan yang berlebihan pada hubungan yang terjalin melalui internet (seperti melalui chat room dan virtual affairs) sampai kehilangan kontak dengan hubungan-hubungan yang ada dalam dunia nyata.
  5. Net gaming
  6. Adalah sejenis kecanduan karena judi, bermain game, berbelanja dan kegiatan jual beli saham melalui internet yang mengganggu pekerjaan dan/atau mengakibatkan terjadinya kerugian dan akhirnya menyebabkan terlilit hutang . Bisa berabe kan?
  7. Information overload
  8. Karena menemukan informasi yang tak habis-habisnya yang tersedia di internet, sejumlah orang rela menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengumpulkan dan mengorganisir berbagai informasi yang ada.
  9. Computer addiction
  10. Riset menemukan bahwa beberapa organisasi mengalami dampak negatif sebagai akibat dari kecanduan akan games off-line (seperti Solitaire dan Tetris yang populer di dekade 1980-an lalu), yang memang rata-rata banyak di-install dalam komputer.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar