Sabtu, 05 Maret 2011

Indigo Challenge

Pendahuluan

Kesehatan Mental adalah kemampuan seseorang menyesuaikan diri terhadap berbagai tuntutan perkembangan sesuai kemampuannya, baik tuntutan diri sendiri maupun dari luar dirinya sendiri. Seperti menyesuaikan diri dengan lingkungan, rumah, sekolah, lingkungan kerja dan masyarakat serta teman sebaya. Seseorang dapat melakukan sesuatu aktivitas dengan baik bila dia sehat secara mental.

Yang dimaksud sehat secara mental adalah adanya rasa aman, kasih sayang, kebahagiaan, dan rasa diterima oleh orang lain. Sebaliknya seseorang akan mengalami hambatan mengikuti atau melakukan suatu aktivitas bila kesehatan mentalnya terganggu, seperti adanya rasa cemas, sedih, marah, kesal, khawatir, rendah diri, kurang percaya diri dll.

Adapun faktor yang mempengaruhi kesehatan mental pada manusia yang di pengaruhi oleh factor inter dan eksternal, yang keduanya saling mempengaruhi sehingga dapat menyebabkan gangguan mental yang berpengaruh terhadap gangguan jiwa dan penyakit jiwa lainnya. Contoh penyakit kesehatan mental seperti stress, retardasi, conduct disorder, sexsual disorder, schizophrenia.

Kata Pengantar

Anak Indigo adalah seseorang yang menunjukkan serangkain gejala psikologis yang baru yang tidak biasa, serta menunjukkan suatu pola penilaian yang tidak pernah terdokumentasikan sebelumnya. Saat ini label ADD dan ADHD kerap digunakan dalam bahasa sehari-hari, karena hal ini terungkap melalui fakta bahwa cara konvesional untuk menjadi orangtua dan mengajar telah ketinggalan zaman dan kuno bahkan primitf.

Orangtua atau siapapun yang berinteraksi dengan meraka agar dapat mengubah perlakuan dan pola asuh mereka untuk mencapai keseimbangan. Karena apabila kita mengabaikan pola ini akan menciptakan ketidak seimbangan dan frustasi dalam benak mereka. Berdasarkan penelitian pengelompokan perilaku manusia dapat menggunakan metode warna aura yang baru, yang berhasil menciptakan sistem profiling psikologis akurat dan mengejutkan, salah satu klasifikasi baru yang muncul adalah warna biru gelap yang lahir setelah tahun 1980,
dan menyebut warna biru ini “Indigo”.


Indigo Challlenge

Anak Indigo adalah seseorang yang menunujukkan serangkaian gelaja psikologis yang baru dan tidak biasa, serta menunjukkan suatu pola perilaku yang tidak pernah terdokumentasikan sebelumnya. Anak Indigo mewakili suatu keturunan individu
khusus yang datang ke bumi untuk melimpahkan anugerah yang mereka miliki.
Pekerjaan yang meraka lakukan tidak akan dapat membiarkan orang lain menghalanginya.

Orang Indigo tidak akan membiarkan hal yang sama terjadi kecuali jika kita memberi obat kepada mereka agar tunduk. Tidak ada satupun orang yang dapat memaksakan anak Indigo untuk melakukan suatu hal, karena bagi mereka paksaan merupakan bentuk manipulasi yang tidak jujur dan memberi obat merupakan metode baru yang hanya semata-mata bertujuan agar anak Indigo bisa diterima secara sosial.
Anak Indigo sering diberi label ADD atua ADHD meskipun sebenarnya mereka tidak memiliki kelainan apapun.

Kekurangan perhatian dari orangtua bisa menjadi penyebab kelainan defisit terhadap anak Indigo, karena dia membutuhkan orangtua untuk menolong dan memandu mereka. Anak Indigo tidak dilengkapi dengan kemampuan untuk memisahkan diri dan berbohong kepada diri sendiri karena mereka sangat tergantung pada telepati dan memiliki intergritas yang sangat besar untuk mengkhianati diri sendiri, karena itu anak Indigo menjadi panutan bagi kita semua . ADHD lebih mengarah pada perhatian yang diarahkan kepada dimensi yang lebih tinggi, karena faktanya anak Indigo memiliki banyak karateristik yang positif.

Anak Indigo merasa tua ketika lahir, karena dalam beberapa cara mereka lebih tahu banyak ketimbang orang dewasa, tetapi meraka memilki keterbatasan dalam
mengekspreikan karunia yang dimilikinya. Kelebihan anak Indigo adalah sangat kreatif dan mereka berpikir diluar batas sehingga gaya berpikir mereka menciptakan banyak terobosan di dunia, jika tidak di pahami dan disalurkan secara benar akan berakibat Indigo berakhir dengan diagnosis ADD atau ADHD.

Anak Indigo memerlukan dorongan dan kehebohan tingkat tinggi dalam hidupnya, yang seolah-olah otak mereka dirancang agar mampu menahan sejumlah besar stress dan apabila tidak anak Indigo mencari atau menciptakannya sendiri.

Anak Indigo adalah orang orang muda eksentrik karena mereka membuat peraturan sendiri dan hidup berdasarkan hati dan akal mereka. Adapun karateristik tersebut yaitu : kemauan yang kuat, selera humor yang bagus, imajinasi yang kreatif.

Oleh sebab itu mereka lebih sedikit memiliki masalah hidup ketimbang orang lain pada umumnya. Kebanyakan anak Indigo tahu bahwa mereka berbeda, rasa sakit karena diejek atau ditegur karena berbeda sering mereka alami, oleh karena itu mereka memerlukan dukungan dari teman dan keluarga agar mereka tidak merasa ada yang salah pada diri mereka, yang dapat memacu merka menjadi ntrovert.

ADD tidak menghasilkan kejahat yang mempermalukan merekalah yang memicu mereka untuk melakukan kejahatan, walaupun mereka berbeda sejatinya mereka bisa menjalankan hidup dengan bahagia dan produktif.

IQ anak Indigo saat ini lebih tinggi ketimbang sebelumnya, jelaslah tidak bodoh. Hanya saja ada pergeseran pada rata-rata IQ mereka yang di pengaruhi oleh ketrampilan verbal dan non-verbal. Kecerdasaan anak Indigo tidak dapat dilihat melalui rapor,
kecerdasan anak Indigo dapat dilihat melalui video game atau menghafal setiap kata-kata dalam lagu.

Istilah anak Indigo mengacu pada warna “biru Indigo” yang merupakan warna biru gelap mirip dengan batu lapis lazuli atau kain jins denim. Anak Indigo sensitive dalam banyak hal sehingga menjadi sumber ejekan karena terlalu sensitive, tetapi kepekaan mereka merupakan karunia spiritual. Meraka pun sama seperti manusia biasa yang sadar akan perasaan oranglain, dan kepekaan mereka terasah dalam dua bidang.
Dua bidang tersebut seperti :
1. Kebenaran dan Integritas
Anak Indigo sensitive terhada segala jenis kebohongan dan itegritas dalam diri orang lain, hal ini terjadi karena mereka memiliki Sam Keen-yang notabene nya penulis dan filsuf(Spiritual Bull Shit Detector sejenis detektor kebohongan) maka dari itu tidak ada yang data berbohong kepada anak Indigo tanpa konsekuensi.

2. Toksin Lingkungan
Anak-anak Indigo adalah anak-anak alami dalam dunia yang tidak alami, banyak dari mereka merasa bahwa pengalaman hidup pertama di Bumi
tidaklah menyenangkan yang berdampak pada sistem kekebalan tubuh mereka, secara fisik dan emosi sehingga tidak mampu menyerap toksin-
toksin Bumi, seperti : makan, minum, udara dana perlengkapan mandi dll. Dengan demikian ada kaitan antara ADHD dan toksin-toksin lingkungan.

Meskipun orangtua tahu bahwa pola makan mempengaruhi sifat hiperaktif
anak Indigonya, de facto juga mnegetahui bahwa mengubah pola diet bagi anak Indigo mereka adalah hal yang mustahil. Meskipun anak-anak mereka sering digoda dengan makanan cepat saji dari TV dan sudut jalanan.
Selain itu ada beberapa pola perilaku yang umum pada Indigo yaitu :
1. Mereka dating kedunia denagn perasaan ningrat.
2. Mereka memiliki perasaan pantas berada disini.
3. Mereka tidak mau melakukan hal-hal tertentu.
4. Mereka tidak malu untuk menunjukkan apa yang mereka butuhkan.
5. Mereka sering mencari cara untuk lebih baik melakukan berbagai hal.

Pola ini memilki faktor yang sama dan unik, yang siapapun berinteraksi dengan mereka (khususnya orang tua) mengubah perilaku dan pola asuh mereka untuk mencapai keseimbangan, karena apabila orang tua mengabaikan sama artinya dengan secara potensial menciptakan ketidak seimbangan dan frustasi dalam benak hidup mereka yang sangat berharga.

Anak-anak adalah masa depan kita. Karena itu mari kita membingkai ulang
realitas saat ini dari ruang hati kita, menjadikan masa depan yang potensial, dan membiarkan hidup dalam keberadaan yang lebih seimbang. Ayo, kita jadi Jembatan
Pelangi, mengubah cara yang lama menjadi cara yang baru buat dan demi anak-anak kita, diri kita sendiri, dan Bumi kelak.

Penutup

Demikianlah makalah yang saya buat melalui buku yang berjudul Indigo Challenge, tugas ini dibuat untuk memenuhi nilai kesehatan mental, mohon maff apabila terdapat kesalah dalam penulisan maupun penggunaan dalam kata kata. Semoga makalah ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan tentang anak Indigo. Saya ucapkan terimakasi.


Kesimpulan

Anak Indigo bukan termaksut dalam anak yang berkelainan , mereka hanya hiperaktif karena IQ mereka yang tinggi tidak seperti manusia yang biasanya, dan mereka lebih sensitif karena mereka memiliki kepekan yanga sangat tinggi selain itu mereka juga sering diejek karena ke sensitifannya,
pada intinya anak Indigo sama dengan manusia lainnya yang memerlukan kasih sayang, perhatian, dorongan, dan support baik dari teman maupun orang tua sekalipun, karena peran orang tua amatlah oenting demi pertumbuhan anaknya, tidak ada yang lebih mulia selain menyayangi anak sendiri tanpa melihat atau mengurangi rasa kasih dan sayangnya hanya karena anak kita mengalami kelainan dari anak biasanya.

Karena anak merupakn titip Tuhan yang harus kita jaga dan bimbing ke jalan yang benar, tidak ada hal yang paling membahagiakan melainkan melihat anak kita tumbuh dana dibesar dari kasih sayang orang tua yang tulus sepanjang hayat hidupnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar